22 Hari Lagi, Tol Mapan Di Buka

Sekitar 22 hari lagi, tol Malang-Pandaan (Mapan) dibuka. Tapi pengoperasionalan tol sepanjang 38 kilometer itu hanya lima hari, yakni 28 Desember 2018 – 01 Januari 2019. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi kemacetan akibat lonjakan wisatawan di musim libur Natal dan Tahun Baru.
Kasatlantas Polres Malang, AKP Wiliam Thamrin Simatupang menyatakan, pengoperasionalan tol Mapan mulai H-3 jelang libur Tahun Baru. “Mulai 28-31 Desember 2018, jalur yang difungsikan dari arah Surabaya ke Malang. Sebaliknya. Pada 1 Januari 2019, jalur dari arah Malang ke Surabaya,” ujar William kemarin.

Polres Malang-PT Jasa Marga Sudah Survei Jalur
Mantan Kasatlantas Polres Ponorogo itu menambahkan, pihaknya sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait rencana pembukaan tol Mapan untuk sementara. Yakni, Polres Malang Kota (Makota), Dinas Perhubungan (Dishub) Kapupaten Malang dan Kota Malang, serta PT Jasa Marga. Koordinasi tersebut dilakukan untuk mempersiapkan jelang pengoperasian musim libur Natal dan Tahun Baru. “Kami juga sudah survei dengan Direktorat Lalu Lintas Polda Jatim, Insya Allah, difunsionalkan kembali,” kata dia.
Senada dengan William, Kaur Bin Ops (KBO) Satlantas Polres Malang Kota (Makota) Iptu Endiex Purwanto juga menyampaikan rencana membuka pintu tol Mapan untuk sementara waktu. “Tol akan dibuka hanya (dari Pandaan) hingga exit tol di Karanglo (kecamatan Singosari, Kabupaten Malang),” ujarnya.
Purwanto optimistis jika tol Mapan difungsikan, arus kemacetan dari arah Surabaya bisa teratasi. Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, libur Natal dan Tahun Baru selalu dipadati kendaraan. Khususnya pengendara dari arah Surabaya.
Nantinya, kendaraan dari arah Surabaya tidak akan berjubel di Lawang hingga Singosari. Sebab, dari Pandaan mereka sudah melintasi jalur tol hingga pintu keluar di Karanglo (Singosari). Meski begiti, pihaknya juga tetap mengupayakan adanya jalur alternatif. “Maka dari itu, kami kerja sama dengan semua pihak,” terangnya.

Dibuka Pukul 06.00, Tutup pukul 17.00
Terpisah, Direktur Utama PT Jasa Marga Pandaan Malang Agus Purnomo membenarkan rencana berfungsinya tol Mapan pada 28 Desember 2018. Hal itu dilakukan untuk menyambut musim libur tahun Baru.”Akhir bulan (Desember) ini ada hari libur Natal 2018 dan Tahun Baru 2019 yang diprediksi jalur arah Malang maupun sebaliknya sangat padat,” ujar Agus saat di konfirmasi.
Menurut dia rencana tersebut sangat diperlukan. Terlebih saat ini progress ruas seksi 1 sampai 3 itu sudah rampung. Dia mengklaim pengoperasionalannya hanya menunggu peresmian. “Sudah siap (bisa difungsikan),” kata dia.
Agus memaparkan, pengerjaan proyek tol Mapan dibagi 5 seksi Wilayah. Seksi 1 adalah Pandaan Purwodadi sepanjang 15,47 km, lalu seksi 2 menghubungkan Purwdadi-Lawang sepanjang 8,05 km. Dan seksi 3 dari Lawang menuju Singosari sepanjang 7,10 km.
Berikutnya adalah seksi 4 dari singosari ke Pakis sepanjang 4,75 km dan terakhir adalah seksi 5 yang menghubungkan Pakis-Kota Malang sepanjang 3,11 km. “Ruas tol yang bisa digunakan sementara waktu ini masih seksi 1-3. Kalau berjalan sesuai rencana maka di fungsionalkannya mulai 22 Desember 2018,” ucapnya.
Dia juga menyebutkan bahwa dioperasionalkan tol tersebut masih batas waktu. Yakni diperbolehkan masuk tol mulai pukul 06.00 dan di tutup pukul 17.00. “Inikan masih fungsional jadi dibatasi waktu dan digratiskan dulu. Paling penting berhati-hatilah saat berkendara meski ada petugas yang jaga,” tutur Agus. Ruas tol ini memiliki 5 pintu keluar. Masing-masing di Purwodadi, Lawang, Karanglo, Pakis dan di Kota Malang.

[huge_it_slider id=”25″]

CitraGarden City Malang merupakan proyek pengembangan oleh Ciputra Group di Kota Malang, yang hanya berjarak 4km dari exit Tol Malang – Pandaan. CitraGarden City Malang memiliki view terbaik dengan latar belakang pegunungan yang telah menjadi trademark kota Malang.
Bulan September 2018 CitraGarden City Malang meluncurkan Cluster The Valley, Rumah di area perbukitan dengan view panorama Gunung Kawi-Panderman-Arjuno. Lokasi selangkah ke Town Center (EcoClub House, EcoPark, Restaurant, Hotel, Commercial Area dengan harga mulai 574 JT (Incl PPN).
Akhir tahun ini CitraGarden City Malang memberikan promo pembayaran melalui KPR dengan DP mulai 5%, atau pembayaran In House s/d 36x. Selaiin itu ada hadiah langsung AC atau Emas Logam Mulia.


Info lebih lanjut segera kunjungi Marketing Point CitraGarden City Malang di Jln CitraGarden City Boulevard telp. 0341 7500888 atau hub agent kepercayaan Anda.

(sumber:Radar Malang)