Dibuka Fungsional, Tol Pandaan-Malang Mulai Dipadati Kendaraan

Hari pertama dibuka secara fungsionalm tol Pandaan- Malang mulai dipadati kendaraan, Jumat (21/12/2018). Jalan tol yang masih tahap konstruksi itu dibuka untuk mengurai kemacetan saat libur Natal dan Tahun Baru 2019. Salah satu staf di PT Jasamarga Pandaan Malang, Indrawan mengatakan, sejak dibuka pada pukul 07.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB, kendaraan yang melintas di ruas jalan tersebut sebanyak 2.696 kendaraan. Kondisi itu masih terbilang landai karena libur akhir tahun masih belum mencapai puncaknya. “Hari pertama lancar tidak ada kendala. Masih landai,” katanya, Jumat.

Diperkirakan, puncak kepadatan kendaraan di ruas jalan tol yang menghubungkan Pandaan dan Malang itu akan terjadi pada Senin (24/12/2018) hingga memasuki tahun baru 2019. Sementara itu, tol fungsional itu dibuka dari Pandaan, Kabupaten Pasuruan hingga ke exit tol di Karanglo, Kabupaten Malang. Kendaraan yang melintas tidak diperbolehkan melaju dengan kecepatan tinggi karena ruas jalan tol tersebut belum selesai total. Pihak Jasamarga Pandaan Malang menyiagakan petugasnya di sejumlah titik rawan untuk memastikan keamanan pengendara. “Yang perlu penjagaan di Dengkol. Karena masih persimpangan sebidang,” katanya. Sementara itu, tol tersebut memiliki kapasitas sebanyak 4.161 kendaraan per jam setelah resmi difungsikan nanti.

Bram Robert, salah satu pengendara asal Malang mengatakan, tol fungsional itu mampu menghemat waktu perjalanannya. Biasanya ia terjebak macet, namun dengan adanya ruas tol itu perjalanannya menjadi lancar. “Dari Pandaan sampai ke Malang sini sekitar 20 menit. Saya melaju dengan kecepatan sekitar 40 kilometer perjam,” katanya. Berdasarkan pantauan di lapangan, fungsional tol itu mampu mengurai kemacetan di sepanjang jalur utama Singosari hingga Lawang. Biasanya, jalur yang menghubungkan Malang dengan Surabaya itu macet. Apalagi jika memasuki hari libur. Rencananya, tol fungsional Pandaan – Malang itu dibuka sampai tanggal 3 Januari 2019. Tol itu hanya dibuka untuk satu jalur.

Pada tanggal 21 hingga 25 Desember 2018, tol itu dibuka untuk jalur Pandaan menuju Malang. Sedangkan pada tanggal 26 hingga 27 Desember 2018, tol itu dibuka untuk jalur dari Malang menuju Pandaan. Lalu pada tanggal 28 hingga 31 Desember 2018, ruas tol itu akan berfungsi untuk jalur Pandaan menuju Malang. Pada tanggal 1 hingga 3 Januari 2019, tol itu kembali dibuka untuk jalur dari Malang menuju Pandaan. Penentuan jalur itu disesuaikan dengan prediksi padatnya kendaraan. Tol itu hanya dibuka pada siang hari, mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

[huge_it_slider id=”25″]

Nah buat anda yang lagi liburan Natal dan Tahun Baru di Malang jangan lupa untuk mengunjungi Marketing Point CitraGarden City Malang, Setiap akhir pekan kita ada acara Open House Show Unit jam 10.00-16.00 WIB.

Dapatkan info promo menarik akhir tahun sambil menikmati hidangan yang ada Gratiss!!! Info lebih lanjut segera kunjungi Marketing Point CitraGarden City Malang di Jln CitraGarden City Boulevard telp. 0341 7500888 atau agent kepercayaan Anda.

sumber : kompas.com