Tol Mapan Exit Madyopuro Kota Malang Segera Beroperasi, Tinggal Tunggu SK Kementerian PUPR

Gerbang Tol Malang yang terletak di Madyopuro Kota Malang dalam waktu dekat akan beroperasi.

Pengoperasian Tol Pandaan-Malang (Mapan) di Madyopuro itu kini tinggal menunggu Surat Keputusan (SK) tarif dan SK Operasi dari Kementerian PUPR.

Hal ini setelah PT Jasa Marga Tol Mapan (JPM) telah mendapatkan sertifikat layak operasi dari Dirjen Bina Marga, Senin (23/3/2020).

“Kalau sertifikat layak operasi sudah turun jadi bisa beroperasi. Sekarang kita tinggal menunggu SK Tarif dan SK Operasi dari Kementerian PUPR,” ucap Direktur Teknik PT JPM Siswantono, Rabu (25/3/2020).

Sebelumnya, dia menyampaikan, sejak adanya kabar tentang virus corona atau Covid-19 pihaknya mengalami beberapa kendala.

Kendalanya ialah, banyak dari karyawan PT JPM yang bekerja dari rumah atau ‘Work From Home’ seperti imbauan dari pemerintah pusat.

Hal ini berdampak pada proses pengecekan Tol Mapan seksi V (Pakis – Madyopuro) yang dilakukan oleh Bina Marga dan Kementerian PUPR setelah proses uji laik.

Di mana setelah proses uji laik ini, akan ada pengecekan ulang, guna melihat kekurangan baik dari segi sarana dan pra sarana yang ada.

“Seharusnya dari bina marga mengecek terkait dengan perbaikan yang kurang sempurna di dalam tol. Karena mereka WFH, jadi kami juga bingung. Selain terjun ke lapangan biasanya juga melalui foto untuk melengkapi kekurangan yang ada,” ucapnya.

Dari hasil uji laik kemarin, ada beberapa perbaikan yang kurang sempurna baik di dalam maupun di luar area Tol Mapan seksi V.

Perbaikan tersebut lebih banyak mengarah kepada rambu-rambu jalan dan rambu lalu lintas.

Siswantono mencontohkan, dalam perbaikan itu, yang menjadi catatan ialah rambu jalan dan marka jalan.

Terutama yang berada di luar area gerbang Tol Malang di Madyopuro dan sebagian lagi dalam jalan Tol Mapan seksi V.

“Kekurangan uji laik itu, contohnya rambunya telalu banyak di Madyopuro dan minta dijarangkan. Kemudian rambu-rambu petunjuk yang kurang juga kami beri. Tapi semua itu sudah selesai semuanya,” ucapnya.

Dengan telah mendapatkan sertifikat layak operasi ini, Siswantono berharap, Tol Mapan seksi V yang memiliki panjang 3,11 Kilometer ini bisa segera berfungsi.

“Semoga April ini ya, tapi pastinya kami juga tidak tahu, karena kami juga masih menunggu SK dari Kementerian PUPR dan juga terkendala dengan Covid-19 ini,” tandasnya.

Setelah mendapatkan SK dari Kementerian PUPR, Tol Mapan seksi V akan diujicobakan gratis selama seminggu.

Rencananya, setelah masa uji coba ini selesai, tarif tol untuk seksi V Tol Mapan sebesar Rp 898 per Kilometer.

Dengan panjang sekitar 3,11 KM, seksi V Tol Mapan akan memiliki tarif kurang lebih sekitar Rp 3.000. (Rifky Edgar)

Sumber :

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Tol Mapan Exit Madyopuro Kota Malang Segera Beroperasi, Tinggal Tunggu SK Kementerian PUPR,
Editor: Titis Jati Permata

Kategori Berita